Koleksi Referensi : Sumber Geografis dan Direktori


A. SUMBER GEOGRAFIS

Pengertian Sumber Geografis
Sumber geografis merupakan salah koleksi referensi yang berisi tentang masalah ilmu bumi (Gazetir), informasi tempat, gunung, sungai, batas negara, batas wilayah, pulau yang berkaitan dengan lokasi.

Jenis-jenis Sumber Geografis
1.    Peta, merupakan bahan koleksi referensi berupa suatu bidang datar yang diperkecil atau diskalakan. Peta sering disebut gambar, akan tetapi tidak semua gambar adalah peta. Bahan koleksi ini berfungsi sebagai penunjuk bagi pembaca untuk melihat posisi atau lokasi suatu wilayah di permukaan bumi. Selain itu, peta digunakan untuk menggambarkan bentuk dan persebaran berbagai gejala di permukaan bumi bahkan bisa mengetahui bagaimana kondisi fisik dan sosial dari suatu wilayah. Peta memiliki banyak jenis, diantaranya sebagai berikut.
a)    Peta Umum, merupakan suatu peta yang menggambarkan sebagian atau seluruh permukaan bumi secara umum, contohnya adalah peta topografi dan peta chororgrafi. Peta topografi menggambarkan seluruh permukaan bumi dengan menggunakan garis-garis kontur sedangkan peta chororgrafi menggambarkan seluruh permukaan bumi dengan corak-corak pada umumnya.
Contoh peta topografi :

Contoh peta chororgrafi :

b)   Peta Tematik, merupakan koleksi referensi yang menggambarkan fenomena atau objek tertentu di permukaan bumi. Adapun contohnya sebagai berikut.


2.    Atlas, salah koleksi referensi berupa kumpulan peta yang telah dijadikan satu dan memuat beberapa jenis peta yaitu peta khusus dan peta umum. Adapun perbedaan antara atlas dengan peta adalah terletak pada cara penyajiannya. Berikut contoh atlas.


3.    Gazetir atau Kamus Ilmu Bumi, merupakan koleksi referensi yang menampilkan beberapa daftar nama tempat seperti : sungai, danau, nama kota, daerah maupun tempat-tempat lainnya. Contoh dari gazetir adalah sebagai berikut.

4.    Globe, suatu bentuk duplikat dari bola bumi dengan ukuran yang disesuaikan. Pada globe terdapat banyak gambar permukaan bumi yang dibentuk dalam 3D dengan skala yang benar dibanding dengan peta datar. Contoh globe sebagai berikut.

5.    Buku Petunjuk Perjalanan, suatu koleksi yang sengaja dibuat untuk membantu dan membimbing seseorang dalam menuju suatu tempat yang diinginkan atau dicarinya. Contoh buku petunjuk perjalanan adalah sebagai berikut.


Fungsi-fungsi Sumber Geografi
-       Mengetahui suatu lokasi atau letak, bahkan sangat terpencil sekalipun. Dengan begitu, pengguna akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi.


Adapun peta secara online juga ada, yaitu sebagai berikut.
 


B. DIREKTORI

Direktori atau bisa disebut dengan buku yang berisi beberapa alamat dan keterangan lainnya. Di dalam direktori tentu kita akan menemukan berbagai macam alamat yang dapat kita kunjungi, di sisi lain juga terdapat informasi tambahan seperti profil, no. Telp., dan beberapa informasi petunjuk yang dapat mempermudah pengguna. Penyusunan direktori dilakukan secara sistematis sehingga tidak membutuhkan waktu yang bagi pengguna dalam melakukan proses penelusuran.
Adapun tujuan khusus direktori adalah mengetahui alamat atau profil identitas singkat seperti nama lengkap/nama produk, no.telp baik milik perseorangan maupun perusahaan. Selain itu, direktori juga memuat keterangan mengenai produk pabrik tertentu, seperti keterangan tentang siapa yang menjadi kepala suatu instansi, direktur suatu perusahaaan, rektor suatu perguruan tinggi, kepala sekolah dan sebagainya pada saat ini atau suati periode tertenu.
 


Macam-macam Direktori
a.    Direktori bersifat lokal, misal buku telepon, petunjuk kota dan sebagainya.
b.    Direktori berhubungan dengan pemerintah, misal pentunjuk tentang kantor pos, kantor polisi dan instansi pemerintah lainnya. Buku petunjuk pada kelompok ini sering juga memuat informasi tentang badan-badan internasional.
c.    Direktori tentang badan instansi, misal sekolah, yayasan, perpustakaan, rumah sakit, museum dan organisasi lain yang sejenisnya.
d.   Direktori tentang suatu profesi, misal ahli hukum, ahli perpustakaan, dokter, dan sebagainya.
e.    Direktori tentang perdagangan dan industri, misal pabrik, perusahaan, biro jasa dan lain sebagainya.

Adapun contoh direktori online adalah sebagai berikut.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wawancara tentang "Ibadah Haji"

Cara Cepat Mencari Temperatur (suhu) dan Cara Mudah Menghafalnya

Qygo lan Byrox