Kamus dan Ensiklopedia

Koleksi referensi menurut Glossary of Library Term yang disusun oleh ALA adalah buku yang dirancang dengan susunan dan penyajiannya tidak untuk dibaca secara berturut-turut, tetapi lebih banyak untuk dikonsultasikan kepada informasi-informasi tertentu. Adapun artikel kali ini akan membahas tentang dua bentuk koleksi referensi, yakni kamus dan ensiklopedia.

A.   KAMUS
Pengertian Kamus
Menurut KBBI, kamus adalah sebuah buku acuan yang terdiri dari kata dan ungkapan. Biasanya disusun menurut abjad, berikut keterangan tentang makna, pemakaian atau terjemahannya. Adapun menurut Aan Setyawan, kamus berasal dari kata dalam bahasa arab yaitu qamus, yang artinya merupakan sebuah wadah pengetahuan khususnya pengetahuan bahasa yang tidak terhingga dalam dan luasnya.
Kamus juga diartikan oleh W. J. S Poerwadarminta (2005:10) sebagai buku yang berisi keterangan tentang arti kata-kata. Dalam pengertian singkat, kamus merupakan bahan rujukan yang berisi daftar kata atau istilah yang disusun secara alfabetis disertai arti/maknanya dan pengunaannya paling sering ditemukan dan dibutuhkan oleh banyak orang.

Fungsi Kamus
Fungsi kamus digolongkan menjadi dua kategori, diantaranya sebagai berikut.
1.    Fungsi Teoritis/Umum, yang artinya kamus berfungsi sebagai bahasa yang diambil dari budaya daerah setempat.
2.    Fungsi Praktis/Khusus, yang artinya kamus berfungsi sebagai sarana mengetahui makna kata, lafal, ejaan sebuah kata, penyukuan kata dan kebakuan kata.

Manfaat Kamus
Manfaat kamus sangat banyak, diantaranya sebagai beirkut.
1. Mencari dan menerangkan makna kata
2. Memberika ejaan, penyukuan dan penggunaan tanda hubung pada suatu kata
3. Mencari lafal kata
4. Mencari singkatan, sinonim, antonim
5. Mencari dan mengenal kata asing yang sering dipakai
6. Menerangkan maksud kata

Macam-macam Kamus
Macam-macam kamus dan contohnya diklasifikasikan ke dalam tiga dasar, diantaranya sebagai berikut.
a. Berdasarkan isinya meliputi kamus umum, kamus khusus, dan kamus subyek.
1.    Kamus Umum, memuat kata-kata yang digunakan dalam berbagai ragam bahasa yang umum dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya KBBI.
2.    Kamus khusus, berisi informasi mengenai kata atau istilah umum dengan susunan tertentu. Misalnya kamus sinonim untuk kosakata yang memiliki arti yang sama, adapun untuk kosakata yang berlawanan disebut kamus antonim. Atau juga kamus dialek untuk daftar dialek bahasa. Contoh kamus khusus adalah sinonimkata.com
3.    Kamus subyek, berisi daftar atau istilah mengenai masalah atau subyek khusus tertentu. Contoh subyek khusus adalah seperti masalah kedokteran, hukum, pertanian, perpustakaan, fisika, dan lain sebagainya.
b. Berdasarkan penggunaan bahasa, yang terdiri dari kamus ekabahasa, dwibahasa, dan aneka bahasa.
1.   Kamus Ekabahasa, berisi kosakata suatu bahasa yang disusun secara alfabetis dengan penjelasan, makna, dan contoh pemakaiannya di dalam kalimat dalam bahasa yang sama. Contoh : Kamus KBBI,






2.   Kamus Dwibahasa, berisi kosakata suatu bahasa yang disusun secara alfabetis dengan menggunakan dua bahasa yang berbeda. Contoh : KamusInggris-Indonesia (Kamus yang offline), Google Translate (Kamus online)





3.   Kamus aneka bahasa atau polyglot, memuat kosakata di dalamnya dengan diberikan padanan kata-kata dalam lebih dari dua bahasa. Contoh  : Kamus Melayu-Cina-Inggris.


c. Berdasarkan bentuknya, yang terdiri dari kamus cetak dan media online.
1.    Kamus Elektronik atau Online, menurut KBBI merupakan kamus yang dikemas dalam bentuk cakram, disket, atau seperti kalkulator yang dapat didistribusikan secara daring atau online melalui jaringan komputer atau internet. Contoh : Alfalink, google translate, Cambridge Dictionary Online, Meriam Webster Online, Oxford English Dictionary Online
2.    Kamus Cetak atau Offline,merupakan kamus yang sengaja diproduksi dalam bentuk cetak yang terdapat sekumpulan teks/gambar. Contoh : Kamus KBBI, Kamus linguistik, dan lain sebagainya.
d. Kamus Istimewa, yang terdiri dari kamus istilah dan kamus etimologi.
e.  Berdasarkan jumlah kandungan entrinya, yang terdiri dari kamus singkat, kamus sedang dan kamus lengkap.
     1. Kamus singkat, memuat kurang dari 80.000 entri.
     2. Kamus sedang, memuat 130.000 hingga 160.000 entri.
     3. Kamus lengkap, memuat lebih dari 250.000 entri.


B.   ENSIKLOPEDIA
Pengertian Ensiklopedia
Ensiklopedia merupakan bahan rujukan yang menyajikan informasi secara mendasar namun lengkap mengenai berbagai masalah dalam berbagai bidang atau cabang ilmu pengetahuan. Kelengkapan disini yang dimaksud adalah dengan adanya ilsutrasi, gambar, dan unsur media lain yang dapat membantu memahami konsep informasi tersebut.

Tujuan Ensiklopedia
1.         Source of answer to fact question
Artinya adalah ensiklopedia bertujuan sebagai sumber jawaban atas pertanyaan yang memerlukan bukti atau fakta dan kenyataan dengan dilengkapi adanya data-data. Dalam ensiklopedia terdapat penyusunan berdasarkan pengetahuan ataupun kejadian dan sesuatu hal yang benar-benar ada.
2.      Source of background information
Artinya adalah ensiklopedia bertujuan sebagai sumber informasi yang memuat topik, pengetahuan dasar, fenomena yang ada hubungannya dengan suatu subyek dan berguna untuk penelusuran lebih lanjut yang disajikan dalam bentuk cetakan.
3.      Derection service
Artinya adalah ensiklopedia bertujuan sebagai arah terhadap bahan-bahan dalam bentuk suatu daftar bacaan yang dianjurkan bagi seluruh pengguna untuk dibaca atau dipelajari. Biasanya bentuk yang demikian berada di akhir artikel.

Ciri-ciri Ensiklopedia
Setiap koleksi referensi pasti memiliki ciri-ciri atau karakteristik yang berbeda, tak terkecuali ensiklopedia ini. Adapun ciri-ciri dari ensiklopedia adalah sebagai berikut.
1.    Bukan menjadi buku pokok atau utama bagi peserta didik di sekolah atau lembaga pendidikan.
2.    Penerbitan yang dilakukan secara serial berdasarkan tingkatan kelas atau jejang pendidikan.
3.    Tidak disajikan materi yang lengkap beserta instrumen evaluasi dalam bentuk latihan kerja (LKS) atau bentuk lain yang berbeda.
4.    Materi di dalam ensiklopedia dapat dimanfaatkan oleh pembaca dari semua jenjang pendidikan dan tingkatan kelas. Sehingga isi dari ensiklopedia dapat dimanfaatkan pula oleh pembaca secara umum. Dalam hal ini seperti ensiklopedia dewasa yang isinya berbeda dengan ensiklopedia anak-anak.
5.    Materi di dalam ensiklopedia sesuai untuk menjadi bahan rujukan atau referensi dalam kegiatan pendidikan atau pembelajaran.

Karakteristik Pembuatan Ensiklopedia
Terdapat langkah-langkah pembuatan ensiklopedia yang dapat menjadi karakteristik dari pembuatan ensiklopedia,
1.    Tema yang disusun secara alfabetis dan logis secara keilmuan.
2.    Adanya gambar-gambar yang menarik, relevan dan informatif terhadap penjelasan tema yang dibahas.
3.    Tema yang memiliki tingkat kelengkapan yang tinggi atau sangat lengkap.
4.    Tema harus konsisten dengan bidang bahasan ensiklopedia tersebut.
5.    Ensiklopedia dilengkapi dengan glosarium, indeks dan daftar pustaka.

Teknik Penulisan Ensiklopedia
Sistematika ketika penulisan ensiklopedia mencakup beberapa bagian diantaranya sebagai berikut.
1. Mendeskripsikan ensiklopedia secara singkat
2. Mencari manfaat dan relevansi
3. Peta konsep dan pentunjuk penggunaan ensiklopedia secara jelas
4. Penjelasan khusus mengenai materi yang ada di dalam ensiklopedia serta glosarium

Macam-macam Ensiklopedia
Adapun macam-macam ensiklopedia diantaranya sebagai berikut.
a.         Ensiklopedia Umum/Nasional
merupakan ensiklopedia yang memuat subyek umum atau informasi dasar tentang berbagai hal, abstrak, konsep atau kejadian umum dan biasanya dikonsumsi oleh suatu negara sehingga mayoritas nama suatu negara juga dicantumkan di dalam judulnya. Contoh :
-  Ensiklopedia Indonesia. Jakarta : Ichtiar baru-Van Hoeve, 1986
-  Ensiklopedia Nasional Indonesia. Jakarta : Kanisius, 1973
b.         Ensiklopedia Khusus/Subyek
merupakan ensiklopedia yang membatasi cakupan isi atau materi terhadap masalah atau mengenai subyek tertentu.
Contoh :
-  Effendi, Samsuri. Ensiklopedia Tumbuh-Tumbuhan Berkhasiat obat yang ada Di Bumi Nusantara: karya Anda, 1982.
-  Ensiklopedia Tari Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1984

 
c.         Ensiklopedia Internasional
merupakan ensiklopedia yang memuat semua informasi secara luas di dunia tanpa memberikan suatu penekanan pada informasi yang berasal dari suatu negara tertentu. Biasanya pada ensiklopedia internasional pada umumnya selalu memberi penekanan pada negara tempat terbit ensiklopedia tersebut.
Contoh :
-  Incyclopaedia Americana International Edition. New York, Chicago: American Corporation, 30 Volume, indeks pada volume terakhir.
-  The Ensyclopedia Britannica a New Survey of Univesal Knowledge. London, New York: Ensyclopedia Britannica


. PERBEDAAN KAMUS DENGAN ENSIKLOPEDIA
·      Kamus : berisi istilah-istilah atau definisi secara umum tanpa penjelasan secara detail dan luas mengenai istilah atau arti tersebut .
·      Ensiklopedia : berisi penjelasan secara detail terkait istilah atau definisi dengan menyajikan gambar atau ilustrasi yang dapat mendukung konsep penjelasan dari istilah tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wawancara tentang "Ibadah Haji"

Cara Cepat Mencari Temperatur (suhu) dan Cara Mudah Menghafalnya

Qygo lan Byrox