Akses Web Melalui URL

SOAL TIK
  1. Jelaskan pengertian dari protokol, serta jelaskan perbedaan dari protokol HTTP dan HTTPS !
  2. Sebutkan minimal 2 (dua) contoh website yang menggunakan protokol HTTP dan HTTPS !
  3. Jelaskan pengertian dari WWW, fungsi WWW dan jenis dokumen pada WWW !
  4. Jelaskan pengertian dari Domain ?
  5. Sebutkan 5 (lima) contoh URL (bebas), dan jelaskan mana TLD (Top Level Domain) dan SLD (Secound Level Domain) dari URL Tsb.
  6. Jelaskan pengertian dan fungsi dari direktori pada URL
JAWAB SOAL TIK
  1. Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Perbedaan protokol http dan https adalah kode bahasa protokol yang tidak asing lagi bagi pengguna internet, karena di setiap link yang mengacu pada sebuah website pasti menggunakannya. Kode ini juga sering di jumpai ketika kita hendak melakukan browsing atau membuka halaman website tertentu. Kita diminta untuk mengetik kode tersebut di awalnya dan diakhiri dengan titik dua dan garis miring kembar ketika kita melakukan browsing halaman website yang diinginkan. Tapi keduanya memiliki perbedaan utama yang berbeda, yaitu pada port default, yang 80 untuk http dan 443 untuk https. Https bekerja dengan transmisi interaksi yang normal sedangkan http melalui sistem terenkripsi, sehingga dalam teori, informasi tidak dapat diakses oleh pihak selain klien dan server akhir. Ada dua jenis umum lapisan enkripsi yakni Transport Layer Security (TLS) dan Secure Socket Layer (SSL), yang keduanya menyandikan catatan data yang dipertukarkan. Jadi dapat disimpulkan bahwa http dan https memiliki peranan yang sama dalam mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client, hanya saja https memiliki kelebihan fungsi dalam sistem keamanan dengan mengenkripsikan informasi menggunakan SSL dan TLS. Sehingga https memiliki keamanan yang lebih dibandingkan http.
  2. Contoh Website yang menggunakan protokol http :     a.http://riadyan.blogspot.com/                                              b.http://tiawilujeng.blogspot.com/                                                                         Contoh Website yang menggunakan protokol https : a.https://www.blogger.com/                                                                                      b.https://plus.google.com/
  3. WWW (Word Wide Web) adalah media infromasi global dimana pengguna dapat membaca dan menulis melalui komputer yang terhubung ke internet, suatu ruang informasi yang dipakai pengenal global untuk mengidentifikasi sumber-sumber daya yang berguna dan dikenal dengan uniform resource indentifien, dan salah satu fasilitas di internet yang menawarkan berbagai kecanggihan dan kemudahan. Fungsi daripada www adalah sebagai penyedia informasi untuk dapat digunakan bersama. Jenis dokumen pada www adalah html (Hypertext Markup Languange) yaitu dokumen yang berisi teks, suara, video, gambar maupun lainnya.
  4. Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasikan nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Fungsi daripada domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. 
  5. Cara penamaan alamat file di internet. Url merupakan serangkaian karakter, (dapat berupa huruf, angka, ataupun simbol) yang sesuai dengan format standar yang sudah ditentukan, url digunakan untuk menunjukkan alamat/address suatu sumber yang ada, misalnya :      a.http://www.stopanos.net                                                 b.http://ilmukomputer.org                                                                      c.http://www.stafaband.info                                  d.http://www.jurirakyat.com                                        e.http://www.youtube.com                                                                                     TLD (Top Level Domain) adalah akhir pada suatu nama domain yang mengidentifikasikan pemilik tingkatan tertinggi domain tersebut dan jenis domain tersebut. TLD dari URL di atas yaitu : net (dotnetwork), org (dotorganization), info (dotinfo), dan com (dotcommercial). Dan SLD dari url di atas yaitu : stopanos, ilmukomputer, stafaband, juriraykat, dan youtube.                        
  6. Direktori web adalah suatu situs direktori yang berisikan kumpula link ke situs web lain yang diletakkan berdasarkan kategori atau sub kategori sesuai keinginan webmaster, si pengelolah direktori website. Aplikasi disini berbeda dengan sistem pada situs mesin pencari, sistem pada direktori web diatur oleh pengelolah web dan sistem pengkategoriannya tidak berdasarkan kata kunci tertentu, tetapi berdasarkan intisari sebuah situs. Fungsi daripada direktori adalah sebagai small search engine yang artinya tempat pencarian website berdasarkan kategori atau sub kategori tertentu yang telah disediakan oleh pengelolah website direktori, helping big search engine yang artinya membantu berbagai mesin pencari seperti google.com, yahoo.com, bing.com, dan lain sebagainya saat mengindex dan mengcrawl suatu link website yang aktif dan terakhir adalah portal link website yang artinya kumpulan link website berdasarkan kategori dan sub kategori yang telah dibuat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wawancara tentang "Ibadah Haji"

Cara Cepat Mencari Temperatur (suhu) dan Cara Mudah Menghafalnya

Qygo lan Byrox