Tips Menghadapi Depresi

  1. Hidup dengan kesadaran. Tahap awal konseling adalah memberikan kesadaran kepada penderita depresi bahwa dirinya sedang mengalami depresi. Hal ini dilakukan karena kebanyakan penderita tidak memahami gangguan emosional yang sedang dialaminya.
  2. Menjalani pola hidup sehat secara fisik dan emosional. Misalnya jangan menunggu deadline untuk menyelesaikan tugas di kantor, alias jangan hidup tergesa-gesa. Maka harus pandai mengatur waktu dan pekerjaan.
  3. Hindari pikiran negative. Karena pikiran akan mempengaruhi kerja otak dan kondisi fisik. Pikiran yang negative itu harus diubah dengan cara olahraga dan pola makan yang benar, yaitu lebih banyak mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi dan rendah karbohidrat. Olahraga yang teratur akan memperbaiki metabolisme tubuh dan menghilangkan pikiran negative. Hindari sarapan dengan karbohidrat tinggi seperti roti atau nasi goreng, tapi pilihlah makanan yang berprotein tinggi. Dengan begitu kita tidak akan mudah marah, tidak cemas, dan perasaan jadi nyaman. 
  4. Berdoa. Prinsip dasar berdoa adalah menyerahkan beban hidup manusia kepada Allah SWT. Manusia yang tidak bisa berdoa akan merasakan beban hidup yang berat. Sebaiknya, janganlah waktu berdoa itu dimanfaatkan untuk menyalahkan Allah, dengan mengatakan “kenapa nasib saya seperti ini?” itu justru menambah pikiran negative. Berdoa dengan cara yang benar akan mengurangi beban pikiran negative. Berdoa akhirnya akan mengubah pola pikir negative menjadi positif. 
  5. Menjaga hubungan dengan orang lain. Penderita depresi biasanya berkomunikasi secara tidak sehat, missalnya komunikasi diwarnai dengan marah-marah dan mengomel alias tidak berkomunikasi sosial secara normal. Sekalipun tidak menceritakan mengenai masalah yang dialami, yang penting ngobrol-ngobrol ringan saja untuk mengalihkan bahkan meringankan perasaan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wawancara tentang "Ibadah Haji"

Cara Cepat Mencari Temperatur (suhu) dan Cara Mudah Menghafalnya

Qygo lan Byrox